Kamis, 20 November 2008

BMG Buka Cabang di Tanjabtim

Muarasabak, AP--Rencana Badan Metereologi dan Geo Fisika (BMG) Jambi buka cabang di Tanjab Timur direspon positif oleh Pemkab. Malahan, fasilitas perkantoran yang bakal digunakan dan tenaga, siap disuplay guna mendukung pendirian kantor cabang BMG tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Telekomunikasi Tanjab Timur, Adil P Aritonang mengakui, dari sosialisasi dan audiensi perwakilan BMG Jambi dengan Pemkab beberapa waktu lalu, pendirian BMG sangat penting dan membantu kepentingan masyarakat. Terlebih, jelas Adil, kondisi geografis daerah ini yang terdiri daerah perairan dan lautan sangat membutuhkan kontrol dan pantauan dari BMG terhadap kondisi cuaca.

‘’Kita mencontohkan saja jika kita ingin ke Pulau Berhala. Kalau kita mengetahui kondisi cuaca dan ombak, kita bisa merencanakan keberangkatan,’’ sebut Adil.

Disisi lain, tambah Adil, keberadaan BMG tidak hanya bisa membantu pemantauan arus transportasi, juga dapat membantu pemantauan cuaca bagi berbagai sektor baik pertanian, perkebunan hingga pekerjaan sejumlah proyek fisik.

‘’Ada tiga belas intansi yang sangat membutuhkan keberadaan BMG ini ditambah dengan seluruh kecamatan,’’ katanya.

Sektor pertanian saja, dengan pantauan dari BMG dapat diketahui jadwal tanam dengan menyesuaikan frekuensi curah hujan apalagi daerah pesisir sungai. Ia mengakui, pembentukan cabang BMG ini merupakan kewenangan BMG sendiri. Namun, Adil kembali menegaskan, pihaknya bila diminta siap menyediakan kantor dan tenaga untuk membantu kegiatan atau operasional selama kegiatan BMG di wilayah Tanjab Timur. ‘’Biasanya kalau peralatan semua diakomodir oleh mereka,’’ ucapnya.
Untuk merealisasikan rencana ini dalam waktu dekat BMG Jambi dan Pemkab akan kembali bertemu guna membahas dan merumuskan pendirian cabang BMG ini

Tidak ada komentar: