Kamis, 20 November 2008

Jambi Siaga Banjir

Siapkan Ribuan Karung Pasir dan Kawat Bronjong
Jambi, AP- Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Provinsi Jambi mulai menyiagakan tim terpadu atau Satkorlak untuk mengantisipasi bahaya banjir akibat hujan yang diprediksikan berakhir hingga April 2009.

Kepala Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah Provinsi Jambi Nino Guritno di Jambi, Sabtu mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan puluhan ribu karung dan kawat beronjong untuk membendung arus air.

Laporan dari Badan Meteorolgi dan Geofisika (BMG) menyebutkan, intensitas curah hujan pada November 2008 hingga April 2009 akan meningkat, bahkan sejumlah daerah di provinsi tetangga seperti Riau dan Sumatera Utara sudah dilanda banjir, dan tidak menutup kemungkinan juga akan terjadi di Provinsi Jambi.

Bencana banjir hampir setiap tahun terjadi di Provinsi Jambi hanya saja dampak kerugian yang ditimbulkan tergantung tinggi dan lamanya curah hujan serta kesiapan berbagai instansi terkait dan masyarakat dalam mengantisipasinya.

Guna mengantisipasi banjir tersebut, kata Nino, pihaknya sudah menyiagakan puluhan ribu karung dan kawat beronjong, yang sewaktu-waktu dapat digunakan untuk membendung air.

Dalam keterangan terpisah Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (KSPM) Yazid Idris mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan berbagai langkah antisipasi dengan menyiapkan peralatan evakuasi, dapur umum dan bahan pangan.

Berbagai peralatan bantuan bencana, seperti tenda pengungsi, dapur umum, perahu karet, kendaraan evakuasi, serta cadangan beras dan pakaian juga sudah disiapkan, yang sewaktu-waktu dapat digunakan dan disalurkan pada korban bencana.

Tidak ada komentar: